Kamis, 12 November 2009

Cintai Bumi Kita

Panas panas yang sangat cuaca di ibu kota Jawa Tengah yaitu Semarang .. selain letaknya yang begitu dekat dengan Laut Jawa, Semarang juga di padati oleh pabrik pabrik. Tapi kali ini wi bukan mau bercerita tentang pabrik di Semarang. Semarang adalah kota yang hampir 6 tahun wi tinggal untuk menuntut ilmu dan mencari sesuap nasi dan segepok berlian.. Lalu wi mau cerita tentang apa dong...Kali ini wi mau cerita tentang air yang berhubungan dengan matinya air di kos kosan wi..Padahal kosan wi letaknya tak berjauhan dari PDAM ....*gubrak....apa hubungannya sih wi??

* Dilarang mandi di sungai, emmm lalu mandi dimana dunk klo air ledengnya mati !!!

* Di sebuah kolam renang yang airnya mengambil dari air tanah
Setelah wi hubung-hubungkan walaupun wi bukan kerja di dinas perhubungan tentu saja ada hubungannya.. Karena saat ini wi kos di kota semarang, dan juga bukan cuma satu atau dua kali wi merasakan sulitnya mencari air di kota Semarang walaupun musim hujan. Nah lo..kemana hayo air hujan itu pergi .. Menurut informasi yang wi dapat dari paman google, semarang adalah kota dimana letak daerah nya berbukit-bukit dan sangat kurang penghijauan. Bagaimana mungkin bisa di tanamin pohon la wong tanahnya juga berkapur, bukan termasuk tanah yang subur.. hmmm...jadi bagaimana cara menyiasatinya dong?

Seperti kata Aa Gim yaitu 3 M (Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari sekarang) Mulai sekarang marilah kita mencintai Lingkungan kita salah satunya dengan jangan buang sampah sembarangan, meminimalis penggunaan plastik..dan jangan lupa selalu cintai tanaman..tak perlu tanaman yang mahal-mahal rumput liar pun akan tampak indah di pandang kalo kita rawat dengan baik.
Dulu waktu wi masih menganggur setelah lulus kuliah, wi suka banget bercocok tanam. Dasarnya bapak wi suka banget bikin taman di sekitar rumah..Jadi deh cocok, dan tanaman bisa bikin kita releks lo teman..warna hijaunya bikin mata jadi sejuk..tak perlu lagi kan sering jalan ke Mall cuma untuk cuci mata. Tinggal kita duduk di teras rumah trus pandangi tanaman tanaman hijau yang kita tanam..MasyaAlloh sungguh ciptaan Alloh tak ada tandingannya.
Nah setelah cuci mata kita juga bisa cuci paru paru kita dengan hirup udara yang bersih nan sejuk. Karena tanaman bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhin manusia dan hewan untuk bernafas. Lalu tanaman juga bisa memelihara kandungan air bersih di dalam tanah lo...dengan akar-akarnya tanaman bisa menahan air dan tekstur tanah sehingga air tanah bisa terjaga kemurniannya. Nah Mulai lah dari hal kecil ini teman teman bisa mulai mencintai lingkungan dan bumi kita, itu merupakan wujud syukur kita pada Alloh..Tuhan pencipta Semesta Alam..

6 komentar:

  1. yak, setujuuu..!!
    save the tree.. selamatkan akyuu..
    *haalah kumat narsisnya* hihi..

    BalasHapus
  2. kayaknya global warming semakin hari semakin terbukti aja yaa...
    dimana-mana panas begitu menyengat, air semakin langka, hujan gak datang datang!
    iya, setuju tuh, mulailah dengan yang kecil dulu. trus lama lama jadi besar usahanya.

    BalasHapus
  3. wah dsini ada pelajaran bercocok tanam *simak baik-baik apa yg dsampaikan bu guru*

    BalasHapus
  4. benar, hrs dimulai dari kita sendiri dulu. jangan sampe terlambat :)
    salam kenal ^^

    BalasHapus
  5. Yuk mari mari jaga bumi kita kawan ^^

    BalasHapus